Kunci Sukses Dan Daftar Kesukaan Bisnis Waralaba Buat Pembimbing

bisnis waralaba

Kita lihat saja bisnis franchise KFC dan McD, kedua-nya memiliki sistem dan standar kerja yang bagus sehingga semua mitra bisnisnya sukses ikut meraup keuntungan yang sama. Pada dasarnya, usaha waralaba merupakan salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik suatu brand dengan pemodal. Di mana, pemilik tersebut memberikan haknya untuk menjalankan usaha tersebut, termasuk penggunaan merek sesuai ketentuan yang telah disepakati. Melalui sistem seperti ini, pemilik modal tidak perlu susah payah membangun brand dan sistem kerja bisnis yang rumit. Secara umum waralaba atau franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. Jika Anda bandingkan dengan memulai bisnis perseorangan atau bisnis sendiri, membuka bisnis waralaba atau franchise memiliki berbagai aturan, sistem dan memerlukan ketrampilan yang berbeda. Maka itu, Anda perlu mengetahui bagaimana franchise bekerja serta pro dan kontra dalam menjalankan jenis bisnis retail ini.

bisnis waralaba

Bisnis ayam geprek biasanya dijalankan dengan dua sistem yaitu murni waralaba dan kerja sama bagi hasil. Salah satu bisnis ayam geprek sistem waralaba yang sudah sukses yaitu Geprek Bensu yang kini memiliki cabang di berbagai daerah. Contoh usaha waralaba juga bermacam-macam jenisnya tetapi kebanyakan jenis bisnis tersebut sudah sangat familiar di masyarakat. Apa saja contoh usaha waralaba yang menguntungkan dan modalnya sedikit? Di dalam dunia waralaba, pihak pemilik merek disebut dengan istilah Pewaralaba atau Franchisor. Pewaralaba inilah yang merupakan pihak yang memberi hak usaha serta sebagai produsen untuk menjalankannya.

Di sekitar kita tentu banyak sekali usaha-usaha baru yang mulai dilirik orang. Tidak jarang juga usaha yang dijalankan orang ini memiliki cabang di berbagai tempat, dan bentuk bisnis tersebut merupakan bisnis waralaba. Berikut di bawah ini adalah pengertian dari waralaba serta 10 jenis bisnis modal kecil namun dengan keuntungan besar.

Sedangkan pihak pemilik modal disebut dengan istilah Ter-waralaba atau Franchisee. Pihak ini yang membeli usaha dan yang akan menjalankan usaha tersebut sesuai dengan sistem yang telah dipersiapkan. Pihak Terwaralaba diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan hak usahanya dari Pewaralaba. Pada umumnya, biaya-biaya tersebut meliputi biaya royalti, biaya pengadaan peralatan pendukung usaha, pengadaan bahan baku, dan lainnya.

Bagi seorang pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, bisnis franchise atau waralaba dianggap sebagai cara aman untuk memulai karena tidak harus menyiapkan segalanya dari nol. Produk dan strategi penjualan sudah baku dan telah disiapkan oleh franchisor atau pemilik bisnis tersebut.

Bisa ya bisa juga tidak, tergantung peran Anda dalam mengikuti saran dan anjuran dari pemilik franchise, dan juga kejelian dan keuletan Anda dalam mengelola bisnis waralaba tersebut. Bisnis waralaba makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak cepat mari karena makanan menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Salah satu contoh bisnis makanan modal kecil dan menguntungkan yaitu ayam geprek. Saat ini berbagai bisnis ayam geprek dari brand-brand ternama semakin bermunculan yang sejalan dengan minat masyarakat terhadap ayam geprek yang juga tak pernah surut.